Advertising

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

Apel Banyak Mengandung Zat Gizi untuk Kesehatan Tubuh

Apel adalah salah satu buah yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan salah satu kota di Indonesia, yaitu di kota Batu Malang merupakan salah satu sentra buah apel yang cukup terkenal. Buah apel menjadi salah satu buah yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Di samping karena buahnya enak dan lezat, buah apel ternyata mengandung banyak gizi yang bermanfaat bagi kesehatah tubuh kita.

Dalam 100 gram apel mengandung 14,9 gr hidrat arang, 0,4 gr lemak, 0,3 gr protein, 6 mg kalsium, 10 mg fosfor, 0,3 mg besi, 5 mg vitamin C, 0,04 mg vitamin A dan B. Di samping itu, kandungan airnya mencapai 84%. Selain mengandung zat-zat gizi tersebut, buah apel juga mengandung mineral dan unsur-unsur lain seperti fitokimian, serat serta zat lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan.

Fitokimia pada buah apel berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dari polusi di lingkungan sekitar kita. Para ahli gizi juga sepakat bahwa Fitokimia pada apel juga dapat menekan jumlah kolestrol jahat (LDL) yang sering kali menjadi penyebab penyumbatan pembuluh darah. Sehingga peredaran darah menjadi lancar dan sistem saraf dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Buah apel juga diketahui mengandung banyak serat. Oleh karena itu, buah apel yang kaya serat ini sangat cocok bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Seperti diketahui bersama bahwa serat yang tinggi dapat mencegah lapar. Serat yang tinggi juga membantu metabolisme tubuh terutama untuk membantu pembuangan sisa-sisa makanan dalam tubuh. Kandungan serat dalam apel juga bermanfaat untuk mengikat lemak dan kolestrol jahat dalam tubuh yang selanjutnya dibuang oleh tubuh.

Kandungan vitamin dalam buah apel juga cukup banyak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah apel banyak mengandung vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Sehingga disarankan untuk menkonsumsi buah apel secara rutin untuk menjaga kestabilan hormon dan sistem imunitas atau daya tahan tubuh.

Itulah beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan. Buah apel cukup mudah untuk dijumpai. Oleh karena itu, lebih baik menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga dan makan buah yang bergizi agar tubuh tetap sehat dan bugar.
Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Reviewed by Callysta on Agustus 31, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.