Advertising

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Pisang Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Semua orang mengetahui bahwa pisang merupakan salah satu buah yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita. Para ahli gizi sepakat bahwa pisang mempunyai manfaat yang sangat potesial bagi kasehatan karena pisang merupakan salah satu buah yang mengandung gizi cukup lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Buah pisang mengandung beberapa zat gizi seperti energi, protein, lemak, berbagai vitamin dan mineral. Buah pisang mengandung potasium (kalsium) yang sangat berguna untuk memudahkan pemindahan garam (natrium) dalam tubuh sehingga akan cepat menurunkan tekanan darah. Kandungan potasium pada pisang bisa mencapai 400 mg untuk pisang yang berukuran sedang. Di samping dapat menurunkan tekanan darah, kandungan potasium dalam buah pisang ini juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Buah pisang juga mempunyai kandungan energi yang cukup besar. Beberapa penilitian menunjukkan bahwa buah pisang mengandung karbohidrat dua kali lebih banyak jika dibandingkan apel. Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi ini dapat menjadi sumber energi bagi tubuh agar senantiasa sehat dan bugar. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 buah pisang setiap hari untuk menambah energi saat melakukan aktivitas sehari-hari yang cukup melelahkan.

Meskipun buah pisang mengandung karbohidrat lebih banyak, namun buah pisang dapat membantu menurunkan berat badan. Mengkonsumsi buah pisang secara rutin setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena buah pisang memiliki kandungan kalori yang relatif cukup kecil sehingga sangat cocok dikounsumsi oleh mereka yang mempunyai masalah dengan berat badan.

Manfaat buah pisang untuk kesehatan lainnya adalah buah pisang dapat membantu mengurangi jerawat yang seringkali mengganggu rasa PD para remaja. Hanya dengan menghancurkan daging buah pisang yang sudah matang, kemudian dioleskan di wajah selama beberapa menit lalu dibilas menggunakan air bersih yang mengalir, kulit wajah bisa terbebas dari jerawat dan kulit wajah pun menjadi lebih halus.

Buah pisang juga bermanfaat bagi para penderita diabetes. Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dapat memberikan efek kenyang dan banyak tenaga bagi yang mengkonsumsinya sehingga penderita diabetes tidak merasa lapar dan makan terus menerus. Banyak yang menganjurkan agar mengkonsumsi buah pisang setiap 4 jam sekali untuk menmabah energi bagi para penderita diabetes.

Itulah beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan yang mungkin belum kita ketahui. Kita semua yakin bahwa Allah SWT menciptakan segala sesuatu di muka bumi ini pasti ada manfaatnya. Untuk itu marilah mulai sekarang kita senantiasa menjaga kesehatan dengan mengkonsumi buah pisang sesuai dengan kebutuhan kita.

Salam Sehat dan Bugar


Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Reviewed by Callysta on Agustus 31, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.